Peresmian Gedung PSC, Ini Pesan Wabup Parigi Moutong

  • Bagikan
Wabup Parimo, H Badrun Nggai meyampaikan sambutan di peresmian gedung PSC Dinas Kesehatan. (Foto : Propokim Setda)

LOCUSNEWS,SULTENG – Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai, ingatkan dengan peresmian Public Safety Center (PSC) harus memberikan manfaat dan kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Penegasan itu disampaikan, H Badrun Nggai saat meresmikan gedung PSC, Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Senin.

Menurut dia, dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 19 tahun 2016, tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, bahwa pusat pelayanan keselamatan terpadu atau PSC bisa menjamin kebutuhan masyarakat, khususnya dalam hal kedaruratan.

Ia menerangkan, PSC 119 wadah koordinasi untuk memberi pelayanan gawat darurat dengan pelayanan kesehatan yang cepat, tepat, cermat dan profesional.

Dengan demikian, apabila terjadi kegawatdaruratan, seperti kecelakaan maupun masyarakat yang sakit parah berada di rumah ingin dirujuk ke rumah sakit atau keadaan lainnya, dapat menghubungi call center 119.

Sehingga lanjut dia, tenaga kesehatan akan segera melakukan tindakan dengan cepat dan akurat, sebab PSC bisa memberikan pertolongan kegawatdaruratan pra Rumah Sakit (RS).

Maka, masyarakat bisa mendapatkan respon cepat dengan semua sarana prasarana pendukungnya berupa gedung, ambulans serta mobil jenazah.

“Diharapkan kasus kasus yang menyangkut gawat darurat pra rumah sakit dapat terlayani dengan baik, sehingga angka kematian dan kecacatan dapat ditekan seminimal mungkin,” tuturnya.

Kesempatan itu, ia juga menyampaikan terkait upaya pemerintah menekan angka penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Parigi Moutong.

Kata dia, vaksinasi covid-19 merupakan salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan kita untuk mengakhiri pandemi ini.

Ia menyebutkan, untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, dibutuhkan 70 persen penduduk atau sekitar 323.177 masyarakat yang telah di vaksin, namun hingga 12 Desember 2021, jumlah masyarakat yang di vaksinasi baru mencapai 55 persen.

“Mari kita mengajak semua kerabat, keluarga untuk melaksanakan vaksin Covid-19 dengan lengkap sehingga virus ini dapat terhindar dari diri kita dan keluarga,” tutupnya.

Zulfikar

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *