Warga Desa Mpanau Demo Kades Agar Turun Dari Jabatannya

  • Bagikan
Puluhan masyarakat Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa 6 September 2022, mendatangi kantor desa setempat. (Foto : HW)

LOCUSNEWS, SIGI – Puluhan masyarakat Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa 6 September 2022, mendatangi kantor desa setempat. Mereka menuntut agar Kepala Desa (Kades) Mpanau, Sarif Ibrahim turun dari jabatannya sebagai kepala desa.

Massa aksi damai yang mendapat pengawalan personil Polsek Biromaru dan Polres Sigi itu, menuntut sejumlah persoalan yang telah dilakukan Kades Mpanau, yang diduga telah melakukan penyalahgunaan anggaran desa.

“Kami ingin kades segera turun dari jabatannya, karena selama menjabat penggunaan anggaran desa tidak transparan, dan tampa ada kesepakatan dari pihak BPD maupun tokoh masyarakat,” kata Gafur salah satu perwakilan aksi.

Dia mencontohkan, bantuan ternak masyarakat yang tidak jelas, serta bantuan Hunian Tetap (Huntap) yang diperuntukkan pada masyarakat yang terdampak, namun namanya terhapus yang seharusnya sudah menempati Huntap tersebut.

Massa aksi yang terus merangsek sampai ke halaman kantor desa sambil membawa spanduk tuntutan, juga meminta pada Badan Permurswaratan Desa (BPD), segera mengefakuasi dan menelusuri persoalan yang terjadi di desa.

“Sebagai perwakilan masyarakat, beri kami waktu untuk melakukan pertemuan internal BPD, dan putusan akan kami sampaikan,” kata Sofiyan, anggota BPD Mpanau.

Diketahui, Bupati Sigi, Mohamad Irwan juga sempat hadir dan menyampaikan bahwa, pihaknya akan membentuk tim untuk mengusut persoalan yang terjadi di Desa Mpanau. Juga hadir Kadis PMD Sigi Andi Wulur, Camat Sigi Biromaru Moh Zen dan Kasatpol PP dan Damkar Sigi Moh Ambar.

HW

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *