Wagub Sulawesi Tengah Ikuti Puncak Penanaman Mangrove Nasional

  • Bagikan
Wagub Sulteng Ma'mun Amir (tengah) mengikuti puncak penanaman mangrove nasional bertempat di Desa Mpanau, Kecamatan Taweli, Kota Palu. (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma’mun Amir mengikuti puncak penanaman mangrove nasional bertempat di Desa Mpanau, Kecamatan Taweli, Kota Palu, Senin (15/5/2023).

Ma’mun Amir menjelaskan penanaman mangrove merupakan salah satu upaya dalam menjaga lingkungan hidup dan ekosistem laut.

Sebab, mangrove memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan ekosistem laut seperti menyediakan tempat hidup bagi biota laut, melindungi pantai dari abrasi gelombang tinggi serta tsunami dan juga menyerap karbondioksida yang terdapat di udara

Bahkan, lanjut dia, keberadaan hutan mangrove bila digarap secara profesional dapat dijadikan objek wisata alam yang menarik yang bernilai jual dan bisa menyedot datangnya wisatawan.

Hal senada juga disampaikan Danrem 132/Tdl, Brigjend. TNI Toto Nurwanto. Kata dia, penanam mangrove sangat penting dalam keberlangsungan ekosistem laut.

Hutan mangrove juga dapat melindungi abrasi pantai serta berperan penting menjaga keanekaragaman ekosistem biota laut.

“Mari bergotong royong dan bahu menjaga kelestarian alam,” ujarnya.

Ia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi atas keedulian terhadap lingkungan yang diwujudkan dengan aksi nyata penanaman pohon mangrove,” tambahnya.

Diketahui kegiatan itu diikuti secara virtual Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI, Kapolri serta sejumlah Menteri dan Deputi.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. Gafur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *