Upaya Penanggulangan Penyakit, Dinkes Parimo Siapkan 7 Rabies Center

  • Bagikan
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Yunita Tagunu.

LOCUSNEWS, PARIMO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menyiapkan tujuh rabies center, sebagai upaya penanggulangan penyakit.

“Dalam penanganan penyakit ini, kami sudah membentuk rabies center, mulai dari Moutong sampai Sausu,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Yunita Tagunu, di Parigi, Senin 31 Juli 2023.

Menurutnya, rabies center tersebar di tujuh Puskesmas di Kabupaten Parimo, di antaranya Balinggi, Sumber Sari, Kasimbar, Mepangan, Lambunu2, Moutong, dan Lambunu.

Dengan adanya rabies center, kata dia, segala hal mengenai penularan penyakit tersebut, mulai penanganan awal hingga cara pencegahannya dapat diakses dengan cepat.
Bahkan, menyediakan vaksin anti rabies, serta terdapat beberapa petugas berkompeten dalam penanganan gigitan anjing, seperti dokter dan perawat. 

“Kami juga selalu berkoordinasi ke petugas di rabies center, terkait stok vaksin yang tersedia,” ujarnya.

Terlebih lagi upaya pencegahan penularan lainnya, sebut Yunita, Dinkes Parimo selalu berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat.

Koordinasi itu, bertujuannya untuk mendapatkan informasi dan agar lebih memahami beberapa hewan, selain anjing yang tertular penyakit dari hewan lainnya.
Soal penularannya, Dinkes Parimo pun terus memberi edukasi kepada masyarakat, bila terkena gigitan anjing, untuk segera ke Puskesmas. Sehingga, mendapatkan observasi, dan vaksin anti rabies.

“Untuk kasus gigitan anjing di Kabupaten Parimo, tapi tidak terinfeksi rabies sampai pada Juni 2023, tercatat 177 kasus,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *