Sekda Usulkan Pembuatan Prasasti Untuk Pejuang Pemekaran Kecamatan Tomini

  • Bagikan
Sekada Parigi Moutong, Zulfinasran, S.STP, M.Si saat menjadi inspektur upacara pada HUT ke 14 Kecamatan Tomini. (Foto : Doc Propokim Setda)

LOCUSNEWS,SULTENG – Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran usulakan pembuatan prasasti yang mencantumkan nama-nama pejuang pemekaran Kecamatan Tomini. Sebab, pelaku dan rentetan peristiwa yang melahirkan Kecamatan Tomini bagian dari sejarah yang harus diabadikan agar terus dikenang.

“Ke depannya pihak kecamatan bisa membuat prasasti yang berisi nama-nama parah pejuang pemekaran pada saat itu, seperti yang pernah saya lakukan pada saat menjadi Camat Torue tahun 2012,” ungkap sekda, saat menyampaikan sambuat pada HUT ke 14 Kecamatan Tomini, Selasa, 18 Januari 2022.

Menurut dia, dengan adanya prasasti tersebut sejarah akan mencatat, dan masyarakat akan mengetahui pejuang pemekaran serta bagaimana dukungan masyarakat pada waktu itu.

“Bahkan tidak ada salahnya sejarah yang dibacakan tadi dibuat cetakan buku sejarah terbentuknya Kecamatan Tomini,” imbuhnya.

Ia mengingatkan, 14 tahun perjalanan Kecamatan Tomini merupakan momentum untuk instropeksi bersama, antara pemerintah maupun masyarakat agar bertekad meningkatkan kesejahteraan, kemajuan serta kemakmuran.

“Dari semua kegiatan yang ada di kecamatan tidak terlepas dari peran aktif masyarakat dan pelaku usaha,” ucapnya.

Olehnya lanjut dia, berkembangnya sebuah kecamatan sangat di tentukan oleh seluruh elemen masyarakat di wilayahnya, sehingga bukan hanya seorang Camat saja, namun harus dibantu perangkatnya serta didukung oleh komponen masyarakat.

“Dengan kerjasama, gotong royong sehingga terciptanya kekuatan dalam suatu kerukunan antara warga yang mampu memberikan kebersamaan yang harmonis,” tutur Zulfinasran, yang didaulat menjadi inspektur upacara.

Abd. Gafur

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *