Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong Dukung Program Swasembada Jagung

  • Bagikan
Kabid Tanaman Pangan, DTPHP Kabupaten Parimo, Dadang kirnajaya. (Foto : Abdul Gafur)

LOCUSNEWS, PARIMO – Dinas Taman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah akan memberikan bantuan benih jagung kepada kelompok tani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, DTPHP Kabupaten Parimo, Dadang kirnajaya mengatakan pembagian benih jagung kepada petani direncanakan pada triwulan III untuk luasan lahan kurang lebih 675 hektare.

“Bantuan tersebut akan disalurkan ke sejumlah wilayah sentral pada bulan Juli, Agustus dan September. Sesuai atuaran perhektare sebanyak 15 kg,” ucap Dadang.

Dia mengatakan, pembagian benih tersebut dalam rangka mendukung program swasembada jagung yang ditargetkan pemerintah pusat.

“Dari empat varietas utama yakni Padi, jagung, kedelai dan singkong. Tahun ini kita (Parimo) targetnya swasembada jagung,” ujar Dadang, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2023).

Apalagi lagi lanjut dia, saat ini permintaan dan kebutuhan masyarakat terhadap jagung untuk pakan ternak sangat tinggi sehingga memicu kenaikan harga.

“Kebutuhan jagung sangat tinggi untuk pakan ternak, akhirnya harganya melonjak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, potensi terbesar penanaman jagung berada di Kecamatan Bolano. Para petani di beberapa desa di kecamatan tersebut setiap tahunnya telah melakukan penanaman secara mandiri.

Selain itu, dalam skala kecil ada pula kecamatan lain seperti Kecamatan Ampibabo, Ongka Malino dan Parigi Barat.

“Khususnya di Kecamatan Bolano potensi jagungnya cukup terbesar. Saat ini para petani disana telah menanam jagung dengan bibit mandiri,” pungkasnya.

Bagikan Berita :
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *