Optimalisasi Penanggulangan HIV AIDS, KPA Sulteng Gelar Rakor Edukasi KPAP

  • Bagikan
Komisi Penanggulangan Aids Sulteng menggelar Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Komunikasi Informasi dan Edukasi Komisi Penanggulangan Aids Provinsi. (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

LOCUSNEWS, PALU – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Rapat Koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Komunikasi Informasi dan Edukasi Komisi Penanggulangan Aids Provinsi (KPAP).

Kegiatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulteng, bertempat diruang rapat Dinas Pendidikan setempat, Selasa (27/2/2024).

Gebernur Sulteng, Rusdy Mastura dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Disdik Sulteng, Zulfikar Paudi menyampaikan bahwa hingga saat ini HIV AIDS terus mengalami peningkatan di Indonesia termasuk di Provinsi Sulteng. Dan upaya pengendalianya pun terus dilaksanakan.

Rusdy Mastura menjelaskan, fenomena seks bebas dikalangan remaja dan pasangan sesama jenis (LSL) mendominasi pada 3 (tiga) tahun terakhir.

“Penyebaran HIV AIDS semakin luas dengan penyebab utama penularannya sebagian besar oleh perilaku seks beresiko baik heteroseksual maupun homo seksual,” ungkap gubernur yang juga Ketua KPA Provinsi Sulteng.

Untuk itu, ia ingatkan, perlunya komunikasi informasi dan edukasi yang itensif dan terarah agar mereka mendapatkan pengetahuan dalam upaya pencegahannya, dan mereka yang beresiko mau memeriksakan diri untuk mengetahui statusnya.

Rusdy Mastura berharap, komitmen yang kuat dari semua unsur dan sektor terkait baik pemerintah, khususnya pada lembaga pendidikan, dalam upaya bergerak bersama menekan laju perkembangan HIV AIDS di Provinsi maupun Kabupaten/Kota, khususnya pada anak usia 15-24 tahun.

“Dengan upaya ini kita ciptakan generasi yang sehat, bersama kita cegah, bersama kita bergerak,” tambahnya.

Bagikan Berita :
Penulis: WardyEditor: Bambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *