Sekda Parimo Jelaskan Fungsi Puskesmas di Tengah Tengah Masyarakat

  • Bagikan
Sekda Parimo Zulfinasran Tiangso saat meresmikan Puskesmas Anuntodea, Desa Jononunu, Kecamatan Parigi Tengah. (Foto : Tim Prokopim)

LOCUSNEWS, PARIMO – Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong (Parimo), Zulfinasran Tiangso menjelaskan fungsi Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, Puskesmas dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dijenjang pertama harus terlibat langsung dengan masyarakat.

“Puskesmas ini bertanggung jawab menggerakkan, mengembangkan dan membina masyarakat desa di wilayah kerjanya agar meningkatkan kesadaran berperilaku hidup sehat,” tegas Zulfinasran saat meresmikan gedung baru Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Anuntodea, Desa Jono Nunu, Kecamatan Parigi Tengah, Jum’at (18/8/2023).

Kata Zufinasran, Puskesmas menjadi pilihan utama bagi masyarakat, selain menjadi pusat kesehatan yang bisa dijangkau, juga diperuntukkan untuk membantu dan mengakomodir masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan khususnya yang kurang mampu.

Olehnya, lanjut dia, dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, perlu adanya peningkatan akses dalam pelayanan kesehatan dasar.

Kesempatan itu, ia mengingatkan kepada Kepala Desa (Kades) agar segera menindaklanjuti akses jalan untuk pelayanan kesehatan terhadap 5 desa, dari 6 desa yang ada di Kecamatan Parigi Tengah.

“Di Kecamatan ini ada 6 Desa yaitu, Petapa, Jono Nunu, Pelawa, Pelawa Baru, Binangga dan Matolele. Berhubung Puskesmas ini ada di Desa Jono Nunu, saya ingatkan Kades agar segera tindaklanjuti terhadap akses jalan di 5 desa lainnya,” pungkasnya.

Didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Irwan, Sekda turut menyerahkan 2 unit mobil operasional untuk Puskesmas Kecamatan Sausu dan Kecamatan Torue.

Bagikan Berita :
Penulis: Abd. Gafur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *